Daftar museum yang ada di Jakarta

Here's my first try to fulfilled my long life wish list. Bismillah, May Allah bless my try.

Oh, dan satu kalimat aneh Bahasa Inggris di atas juga salah satu dari bagian usaha gua untuk fluent in English.

Sebelum gua menjelajahi semua museum yang ada di Jakarta. Ada baiknya gua harus tahu dulu dong dimana aja museum itu dan ada berapa.

Alasan kenapa gua menginginkan untuk menjelajahi semua museum yang ada di Jakarta adalah gua suka museum. Buat gua museum bisa menceritakan sesuatu yang terjadi di masa lampau. Sesuatu yang bahkan terjadi sebelum kita ada. Sesuatu yang besar sehingga mengubah beradaban saat ini. Bahkan sesuatu yanghampir terlupakan karena perkembangan manusia hingga saat ini.

Harus gua akui, banyak museum yang gelap dan bernuansa mistis yang emang membuat gua sedikit merinding kala memasukinya seperti saat gua masuk ke Monumen Jogja Kembali a.k.a Monjali waktu kecil. Gua takut waktu itu, nggak mau masuk diorama yang berisi patung-patung dan speaker yang menceritakan kisah seperti yang diperagakan patung tersebut. That's scary, tapi untungnya gua berhasil melawan rasa takut gua dan semakin menikmati apa yang disugukan diorama tersebut (meski sekarang lupa juga sih sama ceritanya :p).

Sampai sekarang gua tidak pernah berhasil mengajak seorangpun untuk menemani gua ke museum dan masih tidak berani untuk berjalan sendiri mengunjungi museum-museum tersebut.Alhasil hanya dua museum di Jakarta yang gua ingat sudah gua kunjungi. Tahun ini gua harap akan ada lebih banyak museum yang gua kunjungi dan memberikan gua kepuasan tersendiri setelah mengunjunginya.

Ini daftar museum yang ada di Jakarta yang gua ambil dari carapedia.com

JAKARTA BARAT

  • Museum sejarah Jakarta (Fatahillah)

Alamat : Jl. Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat

  • Museum Wayang 

Alamat : Jl. Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat

  • Museum Seni Rupa dan Keramik 

Alamat : Jl. Pos Kota No. 2, Jakarta Barat

  • Museum Tekstil

Alamat : Jl. KS Tubun No. 4, Jakarta Barat
Telepon & Faks : (021)5606613.

  • Bentara Budaya Jakarta

Alamat : Jl. Palmerah Selatan No. 17, Jakarta Barat


JAKARTA PUSAT

  • Museum Joang 45
Alamat : Jl. Menteng Raya no. 31, Jakarta Pusat

  • Museum Taman Prasasti
Alamat : Jl. Tanah Abang I, Jakarta pusat

  • Gedung M.H. Thamrin
Alamat : Jl. Kenari II/15, Jakarta Pusat

  • Museum Sumpah Pemuda
Alamat : Jl. Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat

  • Museum Kebangkitan Nasional
Alamat : Jl. Abdurachman Saleh No. 26, Jakarta Pusat

  • Museum Nasional (Monas) 
Alamat : Jl. Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat

  • Monumen Nasional
Alamat : Jl. Silang Monas, Jakarta Pusat

  • Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Alamat : Jl. Imam Bonjol No. 1, Jakarta Pusat

  • Museum Ahmad Yani Sasmitaloka
Alamat : Jl. Lembang No. 58, Jakarta Pusat

  • Museum Istana Kepresidenan Puri Bhakti Renatama 
Alamat : Jl. Veteran No. 16,Jakarta Pusat
  • Tosan Aji 
Alamat : Jl. Kwitang, Jakarta Pusat
  • Museum Adam Malik
Alamat : Jl. Diponegoro No. 29, Jakarta Pusat


JAKARTA SELATAN

  • Museum ABRI Satriamandala 
Alamat : Jl. Jend. Gatot Subroto No. 14, Jakarta Selatan

  • Museum Waspada Purbawisesa
Alamat : Jl. Jend. Gatot Subroto No. 16, Jakarta Selatan

  • Museum TNI AU Dirgantara Mandala
Alamat : Jl. Jend. Gatot Subroto No. 27, Jakarta Selatan

  • Museum POLRI
Alamat : Jl. Trunojoyo No. 1, Jakarta Selatan

  • Museum Manggala Wanabhakti
Alamat : Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan


JAKARTA TIMUR

  • Monumen Pancasila Sakti
Alamat : Jl. Raya Pondok Gede Lubang Buaya, Jakarta Timur

  • Museum TNI AL Loka Jala Srana
Alamat : Cilangkap, Jakarta Timur

  • Museum Keprajuritan Indonesia
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah
  • Museum Perangko Indonesia
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah
  • Museum Indonesia
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah
  • Museum Asmat
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah
  • Museum Fauna Indonesia
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah
  • Museum Olah Raga
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah

  • Museum Purnabhakti Pertiwi
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah
  • Museum Minyak dan Gas Bumi (Graha Widya Patra)
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah
  • Museum Telekomunikasi
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah

  • Museum Serangga
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah
  • Museum Pusaka
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah
  • Museum Transportasi
Alamat : Taman Mini Indonesia Indah


JAKARTA UTARA & KEPULAUAN SERIBU

  • Museum Bahari
Alamat : Jl. Pasar Ikan No. 1, Jakarta Utara.

  • Pra Museum Onrust
Alamat : Kepulauan Seribu, Jakarta Utara

 Yang udah gua coret adalah museum yang udah pernah gua kunjungin. Bahkan masuk ke Monas aja gua belom! MasyaAllah! 

Banyak banget yah PR gua. Dan semoga gua bisa keliling semuanya sebelum gua mati nanti, Aamiin.

*updated 27 Januari 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dialog Tentang Bahagia

Hey!

Pakaian Perempuan